Pernahkan Anda mendengar berita panel listrik meledak? Salah satu alasan mengapa hal itu bisa terjadi, adalah karena proses maintenance tidak dilakukan dengan benar. Alhasil, kondisi alat listrik dan ketahanannya menjadi berkurang.

Tapi, untuk melakukan perawatan tidak pula dapat dilakukan sembarangan. Ada beberapa poin penting harus dipahami sebelum melakukannya.

Ketahui 3 Hal Ini Sebelum Maintenance Panel Listrik

Tiga hal berikut ini perlu diketahui sekaligus diimplementasikan, ketika Anda akan melakukan maintenance sebuah panel kelistrikan. Supaya kondisinya tetap bagus, tidak ada komponen rusak, sekaligus mencegah masalah arus pendek dan lainnya.

a.    Jenis Perawatan

Ada empat jenis perawatan yang bisa dilakukan untuk sebuah panel listrik. Setiap jenis, memiliki fungsi penting. Anda perlu melakukan semuanya pada waktu yang tepat.

1.      Predictive

Pemeliharaan jenis ini merupakan langkah awal, untuk meminimalisir kerusakan parah pada panel. Caranya, dengan mengecek kondisi alat listrik yang ada di dalamnya kemudian di analisis sejauh mana kinerjanya bisa bertahan.

Dengan begitu, bisa dilakukan pencegahan kerusakan total dengan melakukan perawatan dan perbaikan sebelum kondisi komponen sangat rusak.

Biasanya dilakukan di awal atau beberapa waktu setelah penggunaan awal, kemudian dijadikan panduan untuk melakukan perawatan lanjutan.

2.      Pencegahan

Pada pemeliharaan ini, dilakukan berbagai upaya mencegah berbagai komponen menjadi rusak. Dilakukan sebuah perawatan menyeluruh terhadap semua komponen, termasuk mencari apakah ada gejala rusak pada sejumlah komponen.

Jika ada, maka akan segera diperbaiki sebelum menjadi benar-benar rusak dan mengganggu kinerja dari panel tersebut.

3.      Corrective

Boleh dibilang sebagai pemeliharaan rutin, dimana pada jadwal tertentu akan dilakukan maintenance. Ketika ada komponen sudah mengalami kemunduran performa atau rusak, segera diperbaiki.

4.      Breakdown

Beda lagi dengan breakdown, dimana maintenance dilakukan setelah terjadi sebuah kerusakan pada panel dan komponennya. Sehingga perlu diperbaiki segera, supaya operasional panel tidak terlalu lama terganggu.

b.    Cek Visual

Pengecekan visual diperlukan, untuk memastikan semua bagian panel berfungsi baik. Seperti mengecek apakah listrik mengalir normal sesuai tugas dari panel, kemudian pengecekan suhu pada panel, kalibrasi alat yang ada pada panel, hingga membersihkan panel tersebut.

c.    Perawatan Kompleks

Dilakukan ketika terdapat potensi kerusakan dimana akan dilakukan uji buka sirkuit, deteksi masalah, lalu memperbaiki yang memang wajib diperbaiki.

Jangan abaikan proses maintenance dari sebuah panel listrik. dengan pemeliharaan yang tepat, maka komponen kelistrikan tersebut bisa dipakai untuk jangka waktu lama dan masalah terkait penggunaannya bisa diminimalisir.

Jika Anda ingin mendapatkan panel terbaik dengan komponen berkualitas, maka dapat langsung cek produknya di https://galleoncy.com/. Sudah banyak yang puas menggunakan produk-produknya.