Penetapan nilai zakat di tahun 2022 saat ini sudah ditetapkan oleh Badan amil zakat nasional (BAZNAS) melalui Keputusan Ketua BAZNAS Nomor 10 Tahun 2022.

 

Hal ini juga sudah sesuai dengan dengan Surat Edaran (SE) Nomor: 01/SEd/A/003/2022 tentang Pelaksanaan Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) dan Dana Sosial  lainnya (DSKL) bulan Ramadhan 1443 H/2022 M.

 

Nilai zakat di tahun 2022 adalah Nilai senilai 2,5 Kg atau 3,5 Liter beras atau makanan pokok per jiwa setara dengan uang sebesar Rp45.000 per jiwa.

 

Lalu juga untuk nilai fidyah atau bayaran yang dilakukan ketika seseorang tidak mampu menunaikan ibadah puasa karena alasan tertentu adalah sebesar Rp50.000

 

Jadi jika dibandingkan tahun sebelumnya di 2021, nilai ini mengalami kenaikan sebesar Rp7.500.

 

Dengan sudah ditetapkannya nilai zakat 2022, diharapkan umat muslim bisa mengetahui terjadinya perubahan nilai dalam pembayaran zakat, terutama bagi mereka yang ingin membayar zakat dalam bentuk uang tunai.

 

Dimana Saja Anda Bisa Membayar Zakat di Tahun 2022 Ini?

 

Anda bisa melakukan pembayaran zakat di masjid di sekitar rumah Anda yang membuka penerimaan zakat.

 

Nantinya zakat Anda akan disalurkan bagi mereka yang membutuhkan seperti golongan:

 

      fakir miskin

      Amil atau mereka yang mengumpulkan dan mendistribusikan zakat kepada orang yang membutuhkan

      Mualaf atau mereka yang baru menjadi muslim

      Riqab atau budak atau hamba sahaya yang ingin memerdekakan dirinya.

      Gharim atau mereka yang berhutang untuk kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa dan izzahnya.

       Fi Sabilillah mereka yang berjuang di jalan Allah dalam bentuk kegiatan dakwah, jihad dan sebagainya. Contoh dari golongan ini adalah mereka yang menjadi guru di daerah perbatasan, panti asuhan, tenaga kesehatan dan sejenisnya

      Ibnu sabil atau mereka yang kehabisan biaya di perjalanan dalam kegiatan untuk meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT.

 

Bagaimana Cara Melakukan Pembayaran Zakat Lebih Praktis?

 

Berkat kemajuan teknologi saat ini, Anda juga bisa melakukan zakat langsung melalui smartphone Anda. Saat ini sudah banyak aplikasi dan website yang melakukan penerimaan dan penyaluran zakat secara digital. Salah satunya adalah https://pantiyatim.or.id/ milik LAZNAS PYI Yatim dan Zakat.

 

Laznas PYI Yatim & Zakat adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) berdasarkan SK Kemenag RI No.120 Tahun 2019. Bertekad menjadi lembaga pengelola dana ZISWAF yang berkhidmat menangani anak yatim/piatu dan terlantar serta memberdayakan kaum dhuafa.

 

Jadi tunggu apalagi? Salurkan zakat Anda melalui https://pantiyatim.or.id/